Sejarah Singkat BUMDesa Print Email
Category: Articles
Written by Super User
Published Date

BUMDesaKU “ Dengan bermodalkan kepercayaan masyarakat, BUMDesa berdiri pada tanggal  5 April 2008 dengan nama "PODHO JOYO". Unit Usaha yang dikelola adalah Simpan Pinjam yang modal awalnya dari Bantuan Stimulan Kabupaten Gresik Tahun 2008 sebesar 30 juta.

Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disingkat dengan BUMDesa berada di Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik yang berdiri pada era kepemimpinan Kepala Desa Sukanan. Pada saat itu Sukanan memberikan kepercayaan kepada Yogik Sugianto untuk mengelola BUMDesa bersama dengan Zumrotul Faizah sebagai Bendahara dan Didin Tristianto sebagai Sekretaris. Melalui BUMDesa diharapkan bisa meningkatkan perekonomian desa guna kesejahteraan Warga Desa Sukorejo. Pengurus yang pada saat itu belum berpengalaman sama sekali tentang simpan pinjam menerima amanah itu dengan berbekal semangat dan dedikasi untuk menjadikan desa yang mandiri dan bermartabat.

Nama "PODHO JOYO" sendiri diambil dari kata win win yang artinya menang menang atau sama-sama Berjaya, Baik BUMDesa maupun pihak pengguna jasa.

Dalam menjalankan kegiatannya, BUMDesa menempati Kantor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dewantoro dengan status pinjam. Seiring dengan perkembangan usaha, saat ini BUMDesa sudah mendirikan kantor sendiri di area Pasar Desa. Dengan keberadaan kantor baru ini semakin menambah motivasi pengurus untuk meningkatkan kinerja BUMDesa.

Unit Usaha yang dikelola saat ini ada 5 Unit, yang pertama Simpan Pinjam, kemudian Pelayanan Jasa Pembayaran Listrik, Pengelolaan Sampah, Perdagangan Umum dan Pasar Desa. Pengurus yang dulunya 3 orang, sekarang menjadi 14 orang.

Beberapa prestasi yang diraih diantaranya adalah Juara 2 Lomba BUMDesa Tingkat Kabupaten 2014 dan Juara 1 Lomba BUMDesa Tingkat Kabupaten 2015. BUMDesa  juga turut berpartisipasi dengan mendirikan Stan Pameran pada event Bulan Bakti Gotong Royong, tilik warga dan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ).

Selain itu, BUMDesa juga konsen dalam kegiatan-kegiatan sosial, diantaranya pemberian bantuan sembako bagi Rumah Tangga Miskin (RTM), Beasiswa Pendidikan bagi Anak Yatim, Perbaikan sarana umum, seperti Penerangan jalan, Kelancaran Saluran Air, Tanam Pohon, dan Gerak Jalan Wadeng - Sidayu.